Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas

Jumat, 03 Juli 2015

Sinergi Organisasi Remaja di Wilayah Balongan


Balongan merupakan sebuah kecamatan yang terdiri dari beberapa desa, dimana setiap desanya mempunyai organisasi-organisasi kepemudaan, mulai dari karang taruna sampai organisasi-organisasi kepemudaan yang berbasis agama, kesamaan hobby, dan sebagainya. Tak terkecuali Desa Balongan yang menjadi kota kecamatan, desa ini mempunyai banyak organisasi atau komunitas yang menampung eksistensi pemuda dan remaja dalam berekspresi, berkreasi, dan beraspirasi. 

Desa Balongan mempunyai beberapa blok, yaitu Balongan I, Balongan II, dan Balongan III. Hampir masing-masing blok mempunyai organisasi-organisasi atau komunitas yang menampung kegiatan anak-anak muda atau remaja. Seperti di Balongan II ada yang namanya Ikatan Remaja Balongan ( IRBA ) dan di Balongan III ada Ikatan Remaja Kesambi ( IRKA ), dan masih ada organisasi-organisasi lainnya yang mungkin eksis tapi tidak terekspos ke permukaan. 


Dengan jumlah yang banyak dan karakter atau basis organisasi yang berbeda-beda, Balongan sebenarnya mempunyai potensi sumber daya manusia muda yang sangat besar dan beragam. Tinggal mencari cara supaya organisasi-organisasi tersebut bisa sinergi dalam mewujudkan Balongan yang mandiri dan sejahtera.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mensinergikan organisasi-organisasi pemuda / remaja di wilayah Balongan, diantaranya:
  1. Membangun wadah komunikasi antar organisasi, seperti: membentuk suatu forum silaturahmi atau komunikasi lintas organisasi.
  2. Mengaktifkan kembali Karang Taruna yang ada untuk menjadi wadah pemersatu organisasi-organisasi yang ada di wilayah Balongan.
  3. Melakukan kegiatan / agenda bersama secara rutin antar organisasi.
  4. Mengaktifkan peran serta Pemerintah dan Warga Desa setempat  untuk mendukung terbangunnya hubungan yang harmonis dan sinergis di antara organisasi-organisai pemuda / remaja yang ada di Balongan.
Itu beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membangun sinergisitas organisasi-organisasi kepemudaan / remaja yang ada di Balongan. Semoga dengan adanya sinergi di antar organisasi tersebut, kemandirian dan kesejahteraan masyarakat Balongan ( khususnya anak muda ) bisa terwujud.