Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas

Minggu, 15 Maret 2015

Membudayakan Diskusi Anggota Ikatan Remaja Balongan di grup Facebook



Facebook merupakan sebuah fenomena yang luar biasa. Dalam waktu yang relative singkat, perusahaan ini mampu mengalahkan perusahan-perusahan besar sebelumnya yang aktif di dunia online. Setiap harinya, Ribuan bahkan jutaan orang mengunjungi web facebook. Mulai dari aktifitas bisnis, marketing, sosialisasi, dan sebagainya. Bahkan Ikatan Remaja Balongan (IRBA ) pun tak ketinggalan ikut meramaikan jejaring sosial tersebut. 

Apa yang dilakukan IRBA di Facebook? IRBA membangun sebuah grup yang diberi nama sesuai dengan nama organisasi tersebut, yaitu: Ikatan Remaja Balongan. Ini sebuah langkah maju yang patut diberi acungan jempol.. tapi baru satu jempol ya..(he..he..) . Empat jempol akan diberikan kalo IRBA sudah mampu mengoptimalkan penggunaan  grup di facebook tersebut. 

Bagaimana untuk mengoptimalkan grup tersebut? Salah satu yang bisa IRBA lakukan untuk mengoptimalkan grup tersebut adalah dengan memanfaatkan grup tersebut untuk membangun budaya diskusi diantara anggota IRBA khususnya dan masyarkat luas umumnya. Posting-lah di grup tersebut dengan postingan yang mampu menggugah member-nya untuk berdiskusi, ya walaupun baru sekedar tulisan.

Sementara ini, grup di IRBA lebih dominan dimanfaatkan untuk tempat curhat kawan kita yang sedang galau, tempat promosi, dan menyapa. Ini baik juga sich.. untuk membangun sebuah komunikasi antar anggota IRBA. Karena sebuah organisasi yang solid diperlukan sebuah komunikasi yang baik antar anggotanya. Tetapi, alangkah lebih baiknya kalau grup tersebut mampu membangun budaya diskusi diantara anggotanya ataupun dengan masyarakat lainnya. Tentunya diskusi yang solutif dan konstruktif, sehingga hasil diskusinya bisa bermanfaat bagi masyarakat, khususnya masyarakat Balongan. IRBA, semoga BISA!